Mata Lelah dan Pusing

rahasia-mata-indah

Berada di kantor dan menatap layar PC selama kurang lebih delapan jam lamanya tak ayal membuat mata lelah dan kepala berdenyut. Apalagi bagi kami yang berkacamata. Belum lagi serangan AC central gedung yang luar biasa dingin membikin tobat. Tak jarang kulit tangan kami menjadi keriput sebelum waktunya dan kecanduan toilet alias beser.

Buat mereka yang berkulit tebal dan kuat dingin tentunya hal ini tidak menjadi masalah, tapi bagaimana dengan mereka yang tidak biasa dengan AC? Menggunakan kipas angin saja sudah menggigil, apalagi menggunakan AC? Bahkan ada karyawan yang sampai nekad mengundurkan diri karena tidak kuat berada di ruangan AC selama berjam-jam. Sudah diatasi dengan memakai jaket ataupun sweater, tetap saja tidak mengusir dinginnya.

Mata lelah, kepala berdenyut serta membeku kedinginan tentunya hal-hal seperti ini sangat merugikan bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati mata lelah :

  1. Ketika berada di kantor, luangkan waktu sejenak untuk mengalihkan pandangan dari layar PC. Cobalah relaksasikan mata dengan lebih sering berkedip. Gerakan bola mata dengan memutar pandangan ke sekeliling ruangan. Cara ini akan mengurangi lelah pada mata.
  2. Pergilah ke toilet dan cuci wajah dengan air dingin. Cara ini tentunya akan memberikan kesegaran pada mata.
  3. Seduh teh hangat dan biarkan uapnya mengenai wajah Anda, khususnya di bagian mata.
  4. Istirahatlah yang cukup, jangan terlalu lama menatap layar tv ataupun ponsel ketika Anda sudah tiba di rumah.
  5. Letakkan irisan mentimun sebelum beranjak tidur atau buah strawberry dingin. Cara ini selain meredakan mata yang lelah juga ampuh merangsang rasa kantuk agar tidur Anda menjadi lebih lelap.
  6. Luangkan waktu dengan beribadah serta berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Dengan berinteraksi maka secara tidak langsung dapat melepas penat selama bekerja.

Bekerja boleh saja bersemangat, namun jangan lupa bahwa kesehatan sangat mahal harganya. Jadi, hargailah nikmat sehat yang telah dianugerahi Tuhan YME.

Advertisements

Published by

Zakia Khairunnisa

Kia, just an ordinary girl by the imperfections. A girl who loves sweet and romantic things as in the fragrance of the land that exposed to rain, the magnificent form of eternal love Shah Jahan for his wife, the Taj Mahal monument in Agra, white roses and delicious Ferrero Rocher chocolates. A girl who has an outstanding love of Indian colourful music. Admiring Shreya Ghoshal, the marvelous playback singer who has voice of heaven.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s