Sering Mengantuk di Kantor?

Diserang rasa kantuk di tempat kerja cukup sering terjadi. Khususnya bagi mereka yang kantornya berkilo-kilo meter jauhnya dari rumah. Letih di jalan baik naik kereta, bus umum maupun transportasi pribadi membuat tubuh tidak lagi bugar setibanya di kantor. Apalagi dengan kondisi Jakarta yang semrawut. Macet luar biasa!

duduk

Kondisi tubuh yang lelah, stress dan kurang tidur membuat otak sulit untuk fokus. Seringkali menahan kantuk yang luar biasa dalam sebuah rapat tentunya akibat kualitas tidur di malam hari yang buruk. Ada berbagai macam faktor yang membuat tidur seseorang di malam hari menjadi tidak berkualitas, diantaranya adalah :

  1. Khawatir dan gelisah memikirkan masalah hingga berujung pada stress. Hal ini banyak dialami oleh kaum hawa khususnya tipe pemikir. Otaknya terus berputar seolah tidak bisa berhenti berpikir dan akibatnya ia merasa tertekan. Tidur yang berkualitas hanya terjadi apabila tubuh dalam keadaan santai dan rileks. Bebaskan pikiran dari hal-hal yang memberatkan dan lakukan latihan pernapasan menjelang tidur agar lebih nyeyak.
  2. Kurangnya olah raga. Banyak manusia yang menyepelekan pentingnya berolah raga. Apalagi buat mereka yang merasa tubuhnya sehat-sehat saja dan jarang terserang penyakit. Luangkan waktu untuk berjalan kaki setidaknya 10 menit atau lari pagi keliling perumahan setidaknya 30 menit agar stamina tubuh tetap terjaga.
  3. Makan terlalu banyak sebelum tidur. Mengkonsumsi makanan berat maupun ringan pada malam hari sebelum tidur akan membuat tubuh terjaga sejenak. Hal ini disebabkan kalori dalam makanan menjadi bahan bakar yang diperlukan tubuh. Makanan mengenyangkan tersebut tentunya akan memberi stimulus untuk melakukan pekerjaan, bukannya tidur.
  4. Perut yang lapar. Tidur dalam keadaan perut kosong tentunya akan sangat mengganggu. Selain menurunkan sistem imun tubuh, kondisi tersebut juga dapat memicu diabetes sebagai efek jangka panjang. Ada baiknya jam makan malam antara jam 18.00 – 19.30. Atau setidaknya 2.5 jam sebelum memasuki jam tidur.

Tidur yang berkualitas sangatlah penting bagi tubuh. Tubuh membutuhkan energi dan semangat yang cukup untuk menjalani hari-hari yang penuh dengan aktivitas. Jangan sepelekan tidur yang berkualitas. Biasakanlah hidup sehat agar stamina tetap terjaga.

Istirahat yang cukup juga mempengaruhi suasana hati. Apabila suasana hati Anda positif maka tubuh dengan sendirinya akan memancarkan aura positif bagi lingkungan sekitar. Bukankah sangat menyenangkan bila kita dapat menularkan suasana bahagia bagi orang di sekitar kita, khususnya anggota keluarga di rumah? 😉

Advertisements

Published by

Zakia Khairunnisa

Kia, just an ordinary girl by the imperfections. A girl who loves sweet and romantic things as in the fragrance of the land that exposed to rain, the magnificent form of eternal love Shah Jahan for his wife, the Taj Mahal monument in Agra, white roses and delicious Ferrero Rocher chocolates. A girl who has an outstanding love of Indian colourful music. Admiring Shreya Ghoshal, the marvelous playback singer who has voice of heaven.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s