Manfaat Teh Matcha

Hola, semangat pagi!

Pagi-pagi begini sebelum beraktivitas biasanya suka beli cemilan atau minuman, bukan? Selain menambah semangat juga karena sudah terbiasa jajan. Hahaha πŸ˜‰

Sebelum jam masuk kantor biasanya saya suka mampir ke Alfamart atau Indomart sekedar membeli minuman, maklum saya termasuk manusia yang jarang banget sarapan. Mungkin karena ga sempat masak dan takut kekenyangan.

Nah, biasanya ada dua jenis minuman yang saya beli setiap harinya. Selang seling lho, bukan dua jenis minuman sekaligus. Pertama, kopi dan kedua teh Matcha yang sekarang ini lagi favorit banget. Selain rasanya tidak terlalu manis seperti kopi susu ataupun teh susu, ternyata manfaatnya juga baik untuk kesehatan.

IMG20160529152938-20

Yang selalu saya beli nama minumannya adalah Allure. Kemasannya di dalam botol dengan dominasi warna hijau khas Mathca tea. Mulanya saya tahu jenis teh ini dari sebuah drama singkat yang diperankan oleh Glenn Alinskie dan Chealsea Olivia di Youtube yang disponsori oleh Allure. Well, jalan ceritanya sih ga terlalu menarik namun drama singkat Allure ini sukses membuat saya penasaran dan mau mencoba Allure.

Hahaha emang dasar korban iklan. -__-‘

Matcha sendiri adalah teh hijau berbentuk bubuk yang dibuat dengan cara menumbuk teh hijau yang telah dikeringkan hingga halus seperti tepung. Nah, Matcha tea ini ternyata 100 kali lebih sehat dari teh hijau biasa lho. Perbedaan teh hijau biasa dengan teh hijau Matcha ini terletak pada saat memanennya. Teh hijau Matcha dipanen saat masih kuncup dan dikembangkan menjadi bentuk bubuk, bukan daun seperti teh hijau biasa.

Nutrisi dan anti oksidan dalam kandungan teh Mathca lebih banyak dibanding teh hijau yang dipanen dengan cara biasa. Catecin, salah satu anti oksidan dalam kandungan teh Matcha dapat meningkatkan metabolisme, membakar lemak lebih cepat dan mengurangi tingkat kolesterol buruk.

Catechin juga dikenal sebagai anti oksidan pemberantas sel kanker, melawan zat-zat radikal bebas dari polusi, sinar UV, radiasi dan zat kimia yang dapat merusak sel dan DNA. Matcha juga mengandung asam amino yang kandungannya 5 kali lebih banyak dari teh hijau biasa. Asam amino yang disebut L-Theanine ini berkhasiat untuk meningkatkan konsentrasi, menjernihkan pikiran dan membantu suasana hati lebih seimbang.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, Matcha tanpa terduga dapat meningkatkan energi, menjadi lebih bersemangat melewati hari. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein di dalamnya lebih sedikit dari kopi sehingga tidak menimbulkan deg-degan.

Matcha juga bagus untuk program pelangsingan tubuh dan detoks yang ampuh dikarenakan kandungan klorofil di dalam Matcha lebih banyak daripada teh hijau biasa. Kandungan klorofil di dalam Matcha lebih tinggi dikarenakan Matcha tumbuh di tempat yang lebih teduh daripada teh hijau. Itu sebabnya teh Matcha lebih terang dan lebih creamy daripada teh hijau yang warnanya lebih gelap dan bening.

So guys, begitu banyak manfaat Matcha bagi tubuh, namun alangkah baiknya jika meminum Matcha tanpa gula dan susu non sapi ya. πŸ˜‰

Advertisements

Published by

Zakia Khairunnisa

Kia, just an ordinary girl by the imperfections. A girl who loves sweet and romantic things as in the fragrance of the land that exposed to rain, the magnificent form of eternal love Shah Jahan for his wife, the Taj Mahal monument in Agra, white roses and delicious Ferrero Rocher chocolates. A girl who has an outstanding love of Indian colourful music. Admiring Shreya Ghoshal, the marvelous playback singer who has voice of heaven.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s