Have Faith in Him

sujoodAllah menguji Hamba-nya dengan cara yang terkadang tidak kita pahami. Kadang menimbulkan rasa sedih, kecewa bahkan marah. Dalam hidup memang tak selalu bahagia. Seperti roda yang berputar kadang di atas kadang di bawah. Percayalah seberapa berat ujian yang diberikan adalah bentuk kasih sayang-Nya. Allah ingin kita selalu bergantung pada-Nya, berdoa, meminta dengan bersungguh-sungguh.

Jika doa-doamu hingga kini belum dikabulkan, bersabarlah. Jangan berhenti meminta apalagi putus asa. Berprasangka baiklah pada-Nya. Allah Maha Mengetahui apa yang benar-benar kita butuhkan. Allah Maha mengetahui kapan saat yang tepat untuk mengabulkan doa-doa yang tertunda.

Ada salah satu hamba-nya di luar sana yang seringnya diuji dengan kesabaran. Beberapa doanya ia lantunkan dengan bersungguh-sungguh. Dengan modal keyakinan bahwa Allah Maha Mengetahui apa yang benar-benar dia butuhkan. Ia berdoa agar semua urusan dunianya dimudahkan. Ia berdoa agar hatinya diberikan keikhlasan dan dilapangkan dadanya dalam menerima ketetapan-Nya. Walaupun terkadang tak terelakkan sebuah pertanyaan bernada kesal, “Kenapa semua yang kuinginkan tak semudah yang mereka dapatkan? Kenapa aku harus berjuang lebih keras untuk mendapatkan apa yang mereka dapatkan?”

Adapun seseorang yang sebelumnya sangat bersemangat dalam beribadah, kini ia telah meninggalkan ibadahnya. Ia tidak lagi menjalankan shalat lima waktunya. Ia berhenti berpuasa. Semangat ibadahnya pun hilang tak berbekas. Ketika ditanya, ia hanya menjawab dengan nada kecewa, “Aku sudah melakukan yang wajib juga yang sunnah. Tapi Dia tak juga mengabulkan doa-doaku.”

Seringnya kita lupa bahwa rezeki tak selalu uang. Seringnya kita lupa bahwa perbuatan-perbuatan dosa yang kerap kali kita lakukan membuat doa-doa yang kita panjatkan menjadi tertunda. Seringnya kita lupa bahwa ujian-ujian yang datang kepada kita tak selalu menyedihkan. Kebahagiaan pun adalah bentuk ujian. Seringnya kita lupa bahwa miskin tak selalu sedih, bahwa kaya tak selalu bahagia.

Janganlah malu meminta kepada Allah sambil menangis seperti anak kecil meminta kepada ibunya. Janganlah berputus asa atas doa-doamu yang tertunda. Teruslah bersabar, karena sabar tak berbatas. Teruslah bersemangat memperbaiki amal ibadah dan jadilah hamba Allah yang jika bersedih dan bahagia terus mengingat-Nya.

Miliki keyakinan yang besar pada-Nya. Jadikanlah Dia sebaik-baiknya tempat bersandar. Jadikanlah Allah cukup bagimu. Karena sejatinya kehilangan yang teramat dalam maknanya adalah hilangnya nikmat dalam beribadah. Semoga Allah selalu melindungi kita dari berputus asa dan kufur nikmat.

Advertisements

Published by

Zakia Khairunnisa

Kia, just an ordinary girl by the imperfections. A girl who loves sweet and romantic things as in the fragrance of the land that exposed to rain, the magnificent form of eternal love Shah Jahan for his wife, the Taj Mahal monument in Agra, white roses and delicious Ferrero Rocher chocolates. A girl who has an outstanding love of Indian colourful music. Admiring Shreya Ghoshal, the marvelous playback singer who has voice of heaven.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s