Saroo: Kisah Masa Lalu Anak Adopsi

20170321174134

Pada tahun 1986, Saroo, bocah laki-laki berusia lima tahun tinggal bersama ibu, kakak laki-laki yang bernama Guddu dan adik perempuannya di sebuah desa di India bernama Ganesh Talai. Suatu hari Guddu mengatakan kepada Saroo bahwa ia akan meninggalkan rumah selama tujuh hari demi mengangkat jerami. Tidak ingin ditinggalkan, Saroo memaksa ingin ikut Guddu mengangkat jerami. Dengan badan kurus kecilnya, Saroo berhasil meyakinkan Guddu bahwa ia mampu mengangkat jerami.

Saroo dan Guddu tiba di sebuah stasiun terdekat. Saroo yang masih anak-anak tampak sangat lelah dan mengantuk hingga ia tertidur. Guddu berusaha membangunkan Saroo, namun bocah lima tahun itu tidak mau diganggu dari tidurnya.

Guddu menyesal karena membiarkan Saroo ikut dengannya. Ia pun berpesan kepada Saroo untuk tidak pergi kemana-mana sampai ia kembali. Beberapa jam kemudian Saroo terbangun dari tidurnya dan mendapati Guddu tak ada di dekatnya. Ia mencari-cari Guddu hingga terjebak sendirian di dalam kereta kosong yang berjalan jauh meninggalkan stasiun. Setelah beberapa jam, Saroo mendapati dirinya sudah berada di Calcutta dan ia tidak memahami bahasa daerah di sana, yaitu bahasa Bengali. Saroo kemudian menghampiri loket stasiun kereta dan meminta petugas serta orang-orang di sekitarnya untuk diantarkan kembali ke kampungnya. Namun karena salah menyebut nama kampung halamannya “Ginestlay” maka tak heran jika tak ada seorangpun yang mengenali kampungnya.

Lelah dan kelaparan, Saroo menghabiskan malamnya di kolong jalan bersama anak-anak jalanan yang tidur beralaskan potongan kardus. Belum lama ia tertidur, Saroo terpaksa berlari menghindari kejaran orang-orang dewasa yang berniat jahat pada anak-anak kecil di sana.

Selamat dari pengejaran, Saroo berjalan kaki di sekitar kota dan akhirnya ia bertemu perempuan bernama Noor. Perempuan itu tampak baik dan ramah. Karena iba, Noor mengajak Saroo ke rumahnya. Di sana ia memberi makan, minum dan memandikan Saroo dengan baik. Noor mengatakan bahwa besok akan ada seorang laki-laki dewasa bernama Rama yang akan membantunya menemukan kampungnya. Merasa ada niat jahat antara Noor dan Rama, Saroo memutuskan pergi dan berhasil kabur dari kejaran Noor.

Seorang pemuda di restoran seberang memperhatikan Saroo sedang meniru gayanya ketika ia sedang menyantap sup. Si pemuda mendatangi Saroo dan menanyakan dari mana asalnya. Karena juga tak mengenali kampungnya, Saroo dibawa ke kantor polisi terdekat. Selang beberapa waktu tak juga mendapatkan informasi mengenai keluarga Saroo, bocah lima tahun itu dibawa ke sebuah panti asuhan. Tiga bulan kemudian, Saroo dikenalkan oleh Ny. Sood yang mengatakan bahwa ia akan memasang iklan di koran tentang informasi anak hilang. Namun tetap saja, tak ada satupun keluarga Saroo yang merespon. Kemudian Ny. Sood memberitahukan Saroo bahwa akan ada pasangan yang berasal dari Australia yang tertarik mengadopsinya.

Ny. Sood mulai mengajarkan Saroo bahasa Inggris dan cara menggunakan peralatan makan di meja makan bersama teman-teman di panti. Pada tahun 1987, Saroo pindah ke Hobart, Tasmania diurus oleh pasangan suami istri yang tidak memiliki anak bernama Sue dan John Brierly. Satu tahun kemudian, pasangan suami istri itu kembali mengadopsi anak dari India bernama Mantosh. Mantosh sangat berbeda dengan Saroo. Ia sangat sulit menyesuaikan diri dengan keluarga barunya karena pernah mengalami kejadian tak menyenangkan selama di India. Sejak kecil ia selalu berusaha menyakiti dirinya sendiri.

 Dua puluh tahun kemudian, Saroo pindah ke Melbourne untuk belajar manajemen hotel. Ia menjalin hubungan cinta dengan Lucy, seorang pelajar Amerika.

Ketika menghadiri perjamuan makan dengan seorang teman kuliah asal India, Saroo melihat Jalebi, makanan asal India yang sangat ia sukai sejak ia masih kecil. Jalebi mengingatkannya kepada Guddu dan masa kecilnya di India. Saroo terdiam. Tubuhnya bergetar menahan sedih. Ia menceritakan kepada teman-temannya bahwa sebenarnya ia bukan berasal dari Calcutta, melainkan dari sebuah desa bernama “Ginestlay”. Salah seorang temannya menyarankan agar Saroo menggunakan Google Earth untuk mencari kampungnya di India.

Setiap malam Saroo terbangun dan mulai mencari kampung halamannya di India menggunakan Google Earth. Beberapa kali ia menggunakan perhitungan antara jarak dan jumlah waktu yang ditempuh dari stasiun tempat semula ia tersesat sampai dengan ia tiba di Calcutta.

Jujur saja, film ini sangat bagus dan sempat membuat mata saya berkaca-kaca. Diperankan dengan sangat apik oleh aktor campuran India Amerika bernama Dev Patel. Film ini berdasarkan kisah nyata. Masa kecil Saroo sungguh membuat pilu. Lahir di keluarga sangat miskin dan tersesat, tidak bertemu keluarganya selama dua puluh tahun. Waktu pertama kali lihat Trailer-nya sama sekali engga menduga jalan ceritanya seperti ini karena tidak ada penampakan singa seperti judul filmnya. Namun ternyata judul film ini diambil dari nama Saroo. Saroo menyadari bahwa selama ini ia ternyata salah menyebut namanya sendiri yang sebenarnya Sheru, yang dalam bahasa Hindi berarti “Singa”

Film ini disutradarai oleh Garth Davis dan berhasil menyabet penghargaan BAFTA untuk aktor pendukung terbaik dan penghargaan lainnya.

Advertisements

Published by

Zakia Khairunnisa

Kia, just an ordinary girl by the imperfections. A girl who loves sweet and romantic things as in the fragrance of the land that exposed to rain, the magnificent form of eternal love Shah Jahan for his wife, the Taj Mahal monument in Agra, white roses and delicious Ferrero Rocher chocolates. A girl who has an outstanding love of Indian colourful music. Admiring Shreya Ghoshal, the marvelous playback singer who has voice of heaven.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s