Menjadi Perempuan Berkualitas

0c3b450845bc1a5b9a4033822add944eBanyak perempuan yang terobsesi memiliki tubuh yang langsing ketimbang sehat. Banyak di antara mereka yang berlomba-lomba untuk tampil menarik secara fisik ketimbang meningkatkan kualitas diri. Bukankah akan jauh lebih cantik bila tidak hanya menambal kekurangan fisik di luar namun juga membersihkan rohani dengan hal-hal yang bersifat keagamaan? Percayalah jika rohani sehat maka dengan sendirinya jasmani pun demikian. Jasmani yang sehat adalah jasmani yang bersih dari berbagai macam penyakit hati seperti, sombong, riya’, ujub, dengki, pelit dan seterusnya.

Untuk menjadi perempuan yang berkualitas dibutuhkan keteguhan, konsistensi dan keyakinan yang kuat. Nasehat para orangtua mengatakan bahwa jodoh seorang perempuan tergantung pada kualitas yang dimilikinya. Laki-laki yang berkualitas kelak akan mencari pendamping hidup yang berkualitas pula. Untuk itu, jika ingin mendapatkan jodoh yang berkualitas, tentunya kita wajib memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas diri.

Berikut adalah kiat-kiat untuk menjadi perempuan berkualitas di era modern saat ini:

  1. Patuh terhadap ajaran agama.

17457444_10212001186366192_909052733554135685_nManusia yang berkualitas akan selalu ada keinginan untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik dalam hal keimanan. Menjalankan perintah agama adalah salah satunya. Seperti mendirikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan bagi yang beragama Islam. Dalam hal ini keimanan seseorang adalah modal penting untuk menghadapi berbagai ujian dalam hidup. Jika iman seseorang lemah maka dia akan mudah goyah dan tak dapat bertahan.

2. Cerdas.

23c817e549ed8929444930c2e2974787Tentunya cerdas dalam akademis akan menjadi nilai plus bagi seseorang. Namun dalam hal ini tidaklah cerdas dalam hal akademis. Perempuan yang cerdas adalah perempuan yang pandai dalam menentukan dan memilih apa yang bermanfaat dan tidak untuknya. Ia selalu berusaha memperkaya diri dengan ilmu.

  1. Bersikap sederhana dan tidak berlebihan.

Bermewah-mewahan akan membuat kita menjadi lalai. Ada baiknya jika kita menyisihkan sedikit dari uang yang kita memiliki kepada yang berhak ketimbang menghambur-hamburkan harta dengan boros. Bersedekahlah walau sedikit namun rutin. Hal itu jauh lebih baik daripada bersedekah dalam jumlah yang besar namun jarang sekali dilakukan.

  1. Selalu utamakan kebersihan.

Seseorang yang berpenampilan rapi dan bersih tentunya akan menyenangkan bila dipandang. Perempuan yang pandai menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-harinya adalah perempuan yang sehat dan kuat. Kenapa demikian? Karena kebersihan adalah syarat bagi terwujudnya kesehatan dan apabila jasmani seseorang sehat maka dengan sendirinya akan memancarkan kebahagiaan.

5. Sabar

Sabar harus diterapkan dalam setiap aspek kehidupan. Pengertian sabar hakekatnya adalah menahan diri. Perempuan yang mampu menahan diri dari gejolak emosi dan menyikapinya sesuai dengan akal sehatnya adalah perempuan yang berkualitas. Alih-alih mengeluarkan kalimat berupa celaan, ia lebih memilih menjaga lisannya. Sabar dalam hal ini tidak hanya menahan diri dari perbuatan yang merugikan, namun juga pandai menahan diri dari pemborosan harta bagi mereka yang mampu.

  1. Pandai-pandailah mengatur keuangan.

Laki-laki dimanapun tentunya tidak menyukai perempuan yang boros. Maka, buatlah skala prioritas mengenai kebutuhan sehari-hari. Utamakan kebutuhan yang berada dalam daftar teratas peringkat kebutuhan serta pandai membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan.

  1. Lembut dan penuh perhatian.

Sejatinya perempuan memang diciptakan sebagai sosok yang lemah lembut dan penuh perhatian. Selain lebih menyejukkan bila dipandang, perempuan yang lembut dan perhatian pada umumnya lebih tenang dalam menghadapi masalah. Maka tak jarang perempuan jenis ini juga berkarakter tegar sekaligus tangguh.

  1. Bersikap dewasa

Tentunya kedewasaan seseorang tidak ditentukan oleh umur. Perempuan yang dewasa adalah perempuan yang bijak dalam menyikapi setiap masalah dalam hidupnya. Ia pandai mengendalikan emosi, berani mengakui kesalahan dan mampu berpikir jernih.

9. Sopan santun

Bersikap sopan baik terhadap sesama ataupun dengan yang lebih tua adalah hal yang wajib ditanamkan dalam diri. Seseorang yang sopan dan santun menghadapi orang-orang di sekitarnya maka akan dengan sendirinya disegani. Manusia adalah mahluk sosial. Dengan siapapun kita bersosialisai, selalu tanamkan dalam diri untuk tidak lupa mengucapkan “Terima kasih”, “maaf” dan “tolong”. Simple dan sederhana, namun tiga kata itu membuat seseorang dihargai.

10. Mandiri

Mandiri adalah syarat wajib bagi perempuan berkualitas. Ia tidak menggantungkan hidupnya pada orang lain. Ia giat berusaha dan bekerja demi memenuhi kebutuhan dirinya dan keluarganya. Perempuan yang mandiri selalu berusaha menjadi yang terbaik dan bermanfaat bagi dirinya dan orang-orang di sekitarnya.

Tentunya semua kiat-kiat di atas memerlukan proses dan konsistensi. Maka tetaplah berusaha memperbaiki diri lebih baik lagi agar menjadi perempuan berkualitas.

Semangat!

 

Advertisements

Published by

Zakia Khairunnisa

Kia, just an ordinary girl by the imperfections. A girl who loves sweet and romantic things as in the fragrance of the land that exposed to rain, the magnificent form of eternal love Shah Jahan for his wife, the Taj Mahal monument in Agra, white roses and delicious Ferrero Rocher chocolates. A girl who has an outstanding love of Indian colourful music. Admiring Shreya Ghoshal, the marvelous playback singer who has voice of heaven.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s