Kebiasaan yang Menyenangkan itu Sirna

Mungkin sebagian besar cewek yang sudah menikah pernah merasakan ini. Gue mau cerita tentang perubahan yang terjadi di dalam hidup gue setelah menikah. Tapi cerita gue ini sama sekali engga negatif soal pernikahan. Ketika seseorang yang sudah menikah lebih dulu darimu berbagi kisahnya, percayalah sebagian besar dari mereka benar bahwa setelah menikah kita sebagai cewek akan kehilangan kebebasan. Begitupun dengan cowok.

0ee7edf71842f1ebb1c682aa1232b928Mulai dari hal-hal yang kecil dulu deh. Dulu ketika gue masih single, setiap kali belanja bulanan, tentunya kita sebagai cewek bisa bebas berlama-lama muter-muter mengitari super market. Mulai dari memilih shampoo, odol, sabun, snack dan lain-lain.

Apalagi dulu gue sempat tinggal di apartemen sendirian dan di samping apartemen itu ada mall yang bergandengan dengan apartemen. Wah lebih leluasa lagi bisa bebas nge-mall tanpa mikirin di rumah ada yang nungguin atau pulang kemalaman.

Setiap abis pulang ngantor, gue selalu menyempatkan diri beli snack atau buah di farmer market di mall samping apartment. Kalau lagi bosan dengan rutinitas kantor, gue tinggal loncat aja ke mall sebelah buat nonton film bioskop yang lagi in banget.

Sekarang setelah menikah, semua berubah. Sebagian kebebasan itu sirna. Engga ada lagi kebebasan cewek di supermarket yang berlama-lama memilih shampoo, sabun atau odol karena ada suami yang selalu mendampingimu di belakang. Menunggu bak bodyguard dengan kedua tangan disilang ke belakang. Hehehe. Kadang agak risih sih. Apalagi kalau kita sebagai cewek mau pilih sabun mandi, pembalut dan lain-lain. Bagi cowok semua sabun, shampoo adalah sama fungsinya. Engga peduli apapun mereknya. Semua sama. Titik.

3a0ea6398f12b24f3d33dab1abfa844dBerbeda dengan cewek kalau lagi pilih-pilih sabun atau shampoo. Cewek cenderung melihat kemasan, mencium baunya dan membaca manfaatnya dari produk tersebut. Rumit bukan isi otaknya? Hehehe.

Dan setelah menikah, kebiasaan yang menyenangkan itu engga bisa lagi dilakukan karena ada bodyguard di sampingmu yang keheranan melihatmu memilih produk begitu lama. Engga mau kan doi melihat kita seperti freak yang terobsesi sama barang. Hehehe.

Ada pula yang membuat gue sebagai istri heran sama laki gue. Setiap kali kita mampir ke supermarket, doi seperti engga ada ketertarikan untuk beli snack atau apa kek yang engga benar-benar penting. Seperti puding instant, sirup, obat masuk angin atau minuman kemasan. Padahal gue udah sering menawarkan doi mau beli apa. Setiap kali ditanya, kepalanya pasti menggeleng.

Nah, yang bikin gue heran ketika kita udah sampai di rumah, semua barang-barang yang menurutnya engga perlu itu pasti dia makan, atau dia minum keesokan harinya. Aneh kan? Gue pernah sharing cerita juga soal ini sama temen kantor, dan ternyata suami mereka engga jauh beda dengan laki gue.

Memang engga semua suami seperti laki gue. Mungkin gue dapet suami yang engga konsumtif alhamdulillah. Positifnya laki gue lah yang ngerem gue untuk beli hal-hal yang engga penting. Laki gue lah yang ngerem gue untuk jajan di luar. Doi lebih suka masakan rumah daripada jajan di luar. Meskipun masakan gue kadang engga enak tapi alhamdulillah dia tetap makan.

The point is, pernikahan adalah proses adaptasi seumur hidup. Kebebasan yang hilang itu adalah bagian dari prosesnya.

Mungkin itu dulu story gue untuk hari ini. Next time, I’ll share another story in my life.

To be continued…

 

Published by

Zakia Khairunnisa

Kia, just an ordinary girl by the imperfections. A girl who loves sweet and romantic things as in the fragrance of the land that exposed to rain, the magnificent form of eternal love Shah Jahan for his wife, the Taj Mahal monument in Agra, white roses and delicious Ferrero Rocher chocolates. A girl who has an outstanding love of Indian colourful music. Admiring Shreya Ghoshal, the marvelous playback singer who has voice of heaven.

Leave a Reply

